Indostatus: Sebuah Layanan Monitoring Independen Untuk Situs Web Pemerintahan

Indostatus adalah sebuah layanan monitoring independen untuk situs web pemerintahan.

Indostatus: Sebuah Layanan Monitoring Independen Untuk Situs Web Pemerintahan

Sudah bukan sebuah hal yang mengagetkan kalau sebuah layanan online yang dikelola pemerintah menjadi tidak dapat diakses ketika momen-momen tertentu seperti saat Pendaftaran CPNS atau PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Biasanya, situs web pemerintah Indonesia yang melayani hal ini, akan down karena banyak masyarakat yang membukanya bersamaan.

Apa itu Down?

Sebuah layanan yang tidak dapat diakses dan tidak menampilkan respon OK pada browser dapat disebut down. Namun, sebetulnya itu hanyalah diagnosis di permukaan saja. Terdapat banyak faktor yang dapat membedakan sebuah layanan down atau sekedar error di bagian user interface (antar muka).

Saya harus perjelas hal itu karena ada yang mengira kalau halaman Coming Soon itu berarti down.

Secara umum, sebuah situs web dapat disebut down saat tidak menampilkan respon yang seharusnya ditampilkan. Sederhananya, google.com dikatakan down apabila pada beranda tidak menampilkan halaman pencari namun malah tulisan semacam "500 Internal Server Error".

Kenapa memonitor situs web pemerintahan itu penting?

Sebagai warga negara Indonesia, kita pasti akan dihadapkan dengan pengalaman menggunakan satu atau dua layanan online milik pemerintah; melakukan pendaftaran, pembayaran, ataupun pengecekan.

Sayangnya, saat sebuah situs down, kita tidak dapat mengakses konten/fungsi/fitur yang kita cari. Padahal, dalam beberapa kasus ada orang-orang yang sangat menggantungkan itu untuk keberlangsungan hidup. Ditambah, kita tidak tahu kapan layanan akan kembali normal karena pemerintah tidak menyediakan halaman semacam status server / status page, yang dapat memberikan informasi apa yang sebetulnya sedang terjadi.

Indostatus sebagai penyelamat!

Indostatus dapat menotifikasi kamu saat sebuah layanan yang down, kembali menjadi normal. Sehingga kamu tidak perlu berulang-kali me-reload browser hanya untuk memastikan apakah sebuah situs milik pemerintah sudah dapat diakses. Cukup tunggu pesan dari Indostatus yang menyatakan bahwa sebuah situs sudah normal, kamu dapat kembali melakukan aktivitas yang harus dilakukan.

Indostatus akan membantumu memonitor layanan online milik pemerintah seperti Badan Kepegawaian Negara (BKN), PPDB, situs web Pemprov, dan banyak lagi. Kami masih terus bekerja untuk menambahkan layanan-layanan online pemerintah ke dalam daftar kami agar saat sebuah layanan down, kamu adalah orang pertama yang akan tahu.

Cara mendapatkan notifikasi dari Indostatus

Terima kasih kepada desain yang cantik dan pengalaman pengguna yang dioptimalkan, Indostatus dapat menyediakan alur yang sangat halus untuk kamu menerima notifikasi gangguan, status beroperasi, dan riwayat insiden dari layanan-layanan online pemerintah. Untuk menggunakan Indostatus, perhatikan petunjuk di bawah ini:

  • Buka https://indostatus.com
  • Lihat menu di pojok kanan atas
  • Klik "Dapatkan notifikasi"
  • Pilih sarana penerimaan notifikasi (kita gunakan Surel sebagai contoh)
  • Masukan alamat surel
  • Pilih "Dapatkan notifikasi semua status" atau "Hanya komponen tertentu" apabila kamu hanya ingin menerima notifikasi status dari satu atau dua layanan tertentu
  • Klik "Berlangganan"
  • Cek surel kamu untuk mengkonfirmasi langganan kamu
  • Selesai, Indostatus akan mengirimi kamu surel ketika ada insiden baru

Saya ingin menambahkan sebuah situs web untuk dimonitor di Indostatus

Kami tersedia di berbagai medium, kamu dapat mengirim rincian melalui: